Sabtu, 12 Maret 2011



Korban Tewas di Jepang 900 Orang  

Tim Liputan 6 SCTV
13/03/2011 07:20
Liputan6.com, Tokyo: Operasi pencarian dan evakuasi korban gempa dan tsunami di Sendai dan kota-kota lain seperti di Minamisanriku dan Shirikawa, Jepang terus berlanjut. Sepanjang Sabtu (12/3), jumlah korban tewas seperti dilaporkan televisi Jepang, NHK, mencapai lebih dari 900 orang. Sementara ribuan orang lainnya dinyatakan hilang.

Korban tewas kebanyakan ditemukan di Kota Sendai, ibu kota dari Prefektur Miyagi. Jumlahnya ratusan ditemukan di sepanjang pantai di Sendai. Kota ini salah satu wilayah yang paling parah kerusakannya.

Sementara di Minamisanriku terdapat 9.500 warga atau lebih dari setengah jumlah populasi di kota ini belum ditemukan. Pemerintah Jepang melaporkan berhasil menyelamatkan total 3.000 lebih penduduk.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan mengerahkan 50 ribu tentara untuk operasi evakuasi. Namun proses evakuasi tak berjalan mudah karena terkendala banyak masalah. Di antaranya aliran listrik terputus di beberapa bagian wilayah Jepang, jalan-jalan banyak yang rusak. Sementara tranportasi publik via darat dan udara juga terhenti.(AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar